Monday, 25 March 2013

JATUH BIASA



1.
Terlalu jatuh cinta pada satu hal yang mati, akan membuatmu fanatik. Terlalu jatuh cinta pada satu hal yang hidup, akan membuatmu frik.
Maka, sering-seringlah jatuh cinta. Agar jatuh cinta itu bisa seperti apa yang pernah Efek Rumah Kaca utarakan, biasa saja. Agar kamu tak jadi fanatik dan frik.
Karena ya namanya juga jatuh. Dalam cinta kita tak selalu bisa mengharap bahagia, pasti juga ada sakitnya. Terlalu jatuh cinta, akan membuat sakitnya terasa luar biasa.
Jadi belajarlah untuk banyak-banyak suka, pada benda mati misal: lagu, klub bola, film, buku, dan lain-lain. Pada benda hidup misal: pekerjaan, lingkungan pertemanan, keluarga, gebetan, dan jika kamu beruntung, kekasih.
Kamu tak akan dan tak perlu jadi fanatik. Contoh misalnya, kamu jatuh cinta pada Manchester United, tapi di sisi lain, kamu menggemari Oasis. Hihi, seperti memelihara Romeo dan Juliet dalam dirimu sendiri. Fanatisme hanya memperparah konflik batin.
Kamu tak akan dan tak perlu jadi frik. Contoh misalnya, teman-teman selalu sulit diajak bertemu, selalu ada kekasih yang menunggu, atau kebahagiaan lain bisa dicari dari target kerja yang masih perlu diburu. Dengan sering-sering jatuh cinta, kamu tak hilang bahagia karena satu kecewa.
Seorang teman pernah bilang dan mendoakan, "Carilah banyak kebahagiaan." Itu jadi momen yang membuat saya berpikir bahwa mencari kebahagiaan lain, hanya menunda kebahagiaan yang kita dapat sebelumnya. Itu jadi semacam mantra, bagi saya yang sempat merasa, hilang satu bahagia, tak tahu lagi harus melakukan apa. Dan orang, bisa menjadi begitu menyebalkan ketika tak tahu apa lagi yang harus dilakukan.
Lagipula apa salahnya, banyak-banyak bahagia. Hanya saja tetap ada aturannya misal, kamu tak bisa menggemari United dan Liverpool dalam satu waktu, seperti kamu, tak bisa mencintai dua kekasih dalam watu waktu.
Itulah untungnya berteman, kamu bisa mencintai mereka sebanyak mungkin. Mereka itu seperti film, buku, dan lagu, yang tak pernah menuntut kamu untuk selalu suka. Mereka hanya menginspirasi, kita balas mengekspresi.
Pada akhirnya, kebahagiaan adalah sumber daya yang tak pernah ada habisnya. Dan jika kamu memang hanya bisa jatuh cinta pada satu hal, ...jatuh cintalah pada kebahagiaan.
- - -
Ditulis oleh Btok di Bulungan, Jakarta Selatan (25/3) sambil berpikir apakah kebahagiaan itu benda mati, atau benda hidup, xp.