Thursday 25 July 2013

TORONTO VENICE



Kalau 'Pintu ke Mana Saja' benar adanya, ada dua tempat yang ingin segera saya kunjungi. Venezia dan Toronto, kebetulan di dua kota itu sedang dihelat dua festival film skala internasional, Venice Film Festival (28-9 September 2013) dan Toronto International Film Festival (5-15 September 2013).
Line-up dua film festival itu untuk tahun ini sadis, teramat sadis, bro. Hayao Miyazaki bakal rilis film terbarunya, 'The Wind Rises' di Venezia. Bennedict Cumberbatch yang jadi Julian Assange lewat 'The Fifth Estate' bakal membuka festival di Toronto.
Belum cukup satu Bennedict, Toronto kasih dua lagi. Dia bakal muncul bareng dua aktris gaek Merryl Streep dan Julia Roberts di 'August" Osage County', dan urunan bareng film budak bertabur bintang (Michael Fassbender, Paul Giamatti, Brad Pitt, Paul Dano, Quvenzhane Wallis) di 'Twelve Years a Slave' menemani aktor utama Chiwetel Ejiofor.
Di Toronto juga bakal diputar pertama kali film biopik Sang Madiba, 'Mandela: Long Walk to Freedom' yang diperankan Idris Elba (banyak yang bilang doskil Denzel Washington dari Inggris). Terus ada Kirsten Wiig, Guy Pearce dan Nick Nolte di 'Hateship, Loveship'. Diangkat dari buku Alice Munro, 2001.
Dua sutradara papolit, Richard Ayoade dan Jason Reitman juga bakal ngelayar lagi di Toronto. Richard yang juga merilis film pertamanya 'Submarine' di Toronto tiga tahun lalu, kini merilis 'The Double'. Film ini menampilkan Jesse Eisenberg, mengadaptasi buku berjudul sama karya Fyodor Dostoevsky.
Jason Reitman, setelah melandaskan 'Up in The Air' dengan segudang prestasi dan terjebak quarter life crisis di 'Young Adult' (saingannya 'Young Aus, Young Aus, Young Aus!'), tampil lagi dengan naskah lebih serius. Kali ini bintang yang dipetiknya, Kate Winslet dan Josh Brolin dalam 'Labor Day', berdasar novel Joyce Maynard.
Di Venezia ada film terbaru James Franco 'Child of God' yang dibintangi, ...dirinya sendiri. Kisahnya mengadaptasi novel Cormac McCarthy, berlatar tahun 1960an. Oiya, doskil juga main di film pendek Gia Coppola 'Palo Alto'. Gia ini cucunya Francis Ford, dari mendiang Gian-Carlo, kakak Roman dan Sofia. Trah abis.
Yang paling banyak bikin khawatir pemburu Oscar adalah film terbarunya Stephen Frears, 'Philomena'. Menampilkan Judi Dench dalam kisah mengenai pencarian orang tua terhadap anaknya yang hilang berdekade lalu.
Buat yang kangen Nicholas Cage, ada 'Joe', brewokan doskil di sini. Jesse Eisenberg juga tampil di Venezia, bareng Dakota Fanning dan Peter Sarsgaard di film terbarunya Kelly Reichardt 'NightMoves'.
Yang bikin penasaran di Venezia ada film terbarunya Kim Ki-duk, 'Moebius', doskil menang Golden Lion tahun lalu. Terus ada 'The Zero Theorem' Terry Gilliam (ada Christopher Waltz), dan 'Under the Skin' Jonathan Glazer (ada Scalett Johannson). Ada 'Gravity' Alfonso Cuaron pun sebagai film pembuka.
Sayangnya sih, beberapa film papolit lain, 'The Wolf of Wall Street' Martin Scorcese, 'A Most Wanted Man' Anton Corbijn, 'Nymphomaniac' Lars von Trier, dan film terbaru duo-Spike, 'Her' Spike Jonze, dan 'Oldboy' Spike Lee nggak ada dalam daftar.
Tapi ya mengingat tahun kemarin pun film 'The Master' Paul Thomas Anderson tiba-tiba muncul dua minggu setelah daftar film diumumkan, kita masih boleh berharap.
Berharap kalau 'pintu ke mana saja' benar-benar ada, :((.
- - -
Ditulis Btok di Radio Dalam, Jakarta Selatan (25/7) sambil nonton Doraemon.

2 comments:

  1. Super curious dgn penampilan Cumberbatch jd pentolannya WikiLeaks di 'The Fifth Estate' >.<

    ReplyDelete
  2. aneh banget pasti rambutnya pirangan gitu, :)). bakal ancur image Sherlock mah kalau kamu nonton Top Gear season terbaru yang ada dianya deh, kacok.

    ReplyDelete